HOME

Selasa, 03 November 2015

PERTEMUAN 1


Materi           :  Pertemuan 1
Dosen            :  Bpk. BOBBY AGUSTIAN
Penyusun     :  SHOLIMIN ( 2015141936 )
                           ADE AGENG SAPUTRO ( 2015141651)


I.      PENGGOLONGAN KOMPUTER


   1.      Berdasarkan Data yang diolah
a.      Digital Komputer
Merupakan suatu jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kwantitatif (sangat banyak jumlahnya). Data dari digital komputer biasanya berupa simbol yang memiliki arti tertentu, misalnya: simbol alphabetis yang digambarkan dengan huruf A s/d Z ataupun a s/d z, simbol numerik (0 – 9) ataupun simbol-simbol khusus seperti ?><”K}+_)(*&^%$#@!.

b.      Komputer Analog
Merupakan suatu jenis komputer yang biasa digunakan untuk mengolah data kualitatif. Data yang ada bukan merupakan simbol, tetapi merupakan suatu keadaaan. Seperti misalnya suatu keadaan suhu atau kelembapan udara, ketinggian ataupun kecepatan yang nantinya akan ditetapkan oleh komputer menjadi suatu ukuran.
  
c.       Hybrid Komputer
Merupakan jenis komputer yang bisa digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dan kualitatif. Hybrid komputer juga bisa dikatakan gabungan dari komputer analog dan komputer digital. Komputer jenis ini banyak digunakan oleh berbagai rumah sakit yang digunakan ntuk memeriksa keadaan tubuh pasien, yang nantinya komputer dapat mengeluarkan berbagai analisa yang disajikan dalam bentuk gambar, grafik, ataupun tulisan.

2.      Berdasarkan Penggunaannya
a.      General Purpose Computer
Komputer jenis ini bisa diunakan untuk menyelesaikan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan program yang digunakan. Komputer yang secara umum kita temui termasuk ke dalam jenis general-purpose computer.

b.      Special Purpose Computer
Digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan atau aplikasi khusus. Special purpose computer pada awalnya merupakan general purpose, yang digunakan secara khusus dan disesuaikan dengan konfigurasi ataupun peralatan didalamnya yang sudah dimodifikasi. Contohnya: front-end-processor dan back-end-processor.

3.      Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya
a.      Komputer Mikro (Personal Komputer)
Jenis komputer yang dapat dileakan di atas meja kerja, ataupun mudah dipindahkan. Biasanya digunakan sebagai terminal yang terhubung ke dalam sistem besar (network). Termasuk dalam jenis ini adalahworkstation, floorstanding (tower), laptop, notebook, subnotebook, pocket PC, pen PC.

b.      Komputer Mini
Memiliki kemampuan beberapa kali lebih besar jika dibandingkan dengan personal komputer. Hal ini disebabkan karena mikro processor yang digunakan untuk memproses data memang mempunyai kemampuan yang jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan mikroprocessor yang digunakan pad personal komputer.

c.       Komputer Mainframe
Komputer mainframe memiliki processor lebih dari satu. Dengan demikin dari segi proses, komputer mainframe memiliki kecepatan jauh lebih cepat jika dibandingkn dengan mini komputer. Kecepatan proses komputer mainframe mencapai 1 milyar operasi per detik.
  
d.      Super Komputer
Komputer ini memiliki ciri khas, yaitu kecepatan proses yang tinggi serta memiliki kemampuan menyimpan data yang jauh lebih besar apabila dibandingkan dengan mainframe.

4.      Berdasarkan Generasinya
Berdasarkan generasi teknologi penyusunnya, komputer dapat diklasifikasikan menjadi :
1. Generasi I, tahun 1946-1959, menggunakan tabung hampa
2. Generasi II, tahun 1959-1965, menggunakan transistor
3. Generasi III, tahun 1965-1970, menggunakan IC (Integrated Circuit)
4. Generasi IV, tahun 1970-sekarang, menggunakan VLSI (Very Large Scale IC)


C. BAGIAN UTAMA PERSONAL KOMPUTER

 
  • Hardware à Alat Input-Input Devices

      Alat Input-Input Device adalah alat yang digunakan untuk menerima input
Ø  Input adalah energi yang dimasukan ke dalam suatu sistem
Ø  Input tersebut dapat berupa signal input atau management input
Ø  Signal input adalah energi yang akan diolah oleh sistem
Ø  Maintenance input adalah energi yang akan digunakan oleh signal input.

Dalam sistem komputer signal input adalah data yang dimasukan sistem komputer, sedangkan maintenance input adalah program yang digunakan untuk mengolah data yang akan dimasukan.

a.    Alat Input Langsung
1)      Keyboard :  -   Apa yang diketikan tampil di layar/display
                                       -   Soft touch
                                       -   101 keys

2)      Mouse :    -  Mengatur posisi kursor di layar
                                                                     -  Left side right side 2 juta x click
3)      Touch Screen :  -   Layar sentuh dengan cara disentuh dengan tangan di layar

4)      Light Pen :  -   Layar disentuh dengan pen
                               -   Biasanya untuk membuat grafik dan gambar.

5)  Digitizer :  - alat ini memungkinkan untuk membuat grafik atau gambar  dengan cara                                         menghubungkan dengan 2 buah titik di graphic tablet  dengan alat yang 
                             menyerupai pen.

6)      Scanner :  -  alat ini bekerja dengan meraba/mengcopy secara elektronik  input yang akan       
                               dibaca.

7)      Financial Transaction Terminal :   ATM

8)      Paint of Sale Terminal :  -   Bc/code Super Market

9)      Sensor

10)   Mata di komputer

11)   Voice Recognizer :   -   alat untuk mengerti ucapan manusia

b.  Alat Input Tidak Langsung  

1).  Key to Card : data yang akan dimasukan dipindahkan dulu ke dalam media punched card (kartu                             plong) (sudah tidak digunakan)
2).  Key to Tape : Data direkam disimpan luar pita magnetik sebelum diproses ke cpu (tape drive)
3).  Key to disk  

ALAT OUPUT

Hardware àAlat Output
 “Output atau keluaran yang dihasilkan dengan pengolahan data”
 Output digolongkan ke 4 bentuk keluaran :
1.Tulisan : huruf dan kata, karakter khusus, angka
2.Image : bentuk grafik dan gambar
3.Suara : bentuk musik, suara, omongan
4.Bentuk :simbol-simbol tertentu yang hanya dibaca dan dimengerti oleh komputer
         Catatan : No. 1, 2, 3 yang dimengerti manusia

  •  Alat output terdiri atas : 
  1. Hard copy devicesMencetak tulisan, image, grafik pada media hard/keras seperti kertas, film
  2. Soft Copy Devices Mencetak tulisan, image, grafik, berupa sinyal elektronik
  3. Drive Devices Merekam simbol yang hanya bisa dibaca oleh mesin


II.    PENGENALAN KOMPUTER & SISTEM OPERASI

1.      Definisi Komputer
Komputer adalah setiap mesin yang mampu menerima data, memproses data, menyimpan data dan menghasilkan bentuk keluaran berupa teks, gambar, simbol, angka, suara maupun gambar dan suara (video). Definisi lain mengatakan bahwa komputer adalah sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (processing), dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi di bawah kontrol program yang tersimpan di memori komputer.

Komputer (bahasa inggris “Computer”) berasal dari bahasa latin yaitu “Computare” yang berarti menghitung. Karena luasnya bidang ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.
1)   Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
2)     Menurut Blissmer, komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas berikut:
-          Menerima input
-          Memproses input tadi sesuai dengan programnya
-          Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
-          Menyediakan output dalam bentuk informasi
3)   Menurut Fuori, komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat bagi yang membutuhkan, maka komputer memerlukan komponen penting yang dibutuhkan oleh komputer, yaitu : (1) Perangkat Keras (hardware); (2) Perangkat Lunak (software); dan (3) Pengguna komputer (brainware) atau manusia sebagai pengguna.

Data adalah representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti: manusia (pegawai, mahasiswa, pembeli, pelanggan), barang, hewan, peristiwa, konsep, keadaan, angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi dan sebagainya.
Data adalah fakta – fakta yang dapat disimpan dan mempunyai arti.
Informasi adalah data yang dapat diolah sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang yang menggunakannya / menerimanya.


2.      Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras adalah peralatan kompter itu sendiri, yang secara fisik dapat terlihat dan dapat dijamah.
  •  Processor, merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan pemrosesan aritmatika dan logika serta mengendalikan operasi komputer secara keseluruhan
  • Memory, merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang digunakan untuk menyimpan data.
  • I/O Devices, merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung untuk menerima ataupun mengirim data antara komputer dengan lingkungan di sistem.
  • DMA (Direct Memory Accessialah sebuah prosesor khusus (special purpose processor) yang berguna untuk menghindari pembebanan CPU utama oleh program I/O (PIO).

3.      Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak adlah program yang berisi perintah-perintah/instruksi untuk melakukan proses tertentu dalam mengolah data.  Perangkat lunak dibagi menjadi 3 tingkatan: (1) tingkatan program aplikasi (application programmisalnya Micrososft Office), (2) tingkatn sistem operasi (operating system misalnya Microsoft Windows), dan (3) tingkatan bahasa pemrograman (dibagi menjadi dua: bahasa pemrograman tingkat tinggi misal Pascal, dan bahasa pemrograman tingkat rendah, yaitu bahasa rakitan).
Klasifikasi Perangkat Lunak
1)      Perangkat Lunak Sistem
a.  Bahasa Pemrograman, yaitu perangkat lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat lunak yang lain, dengan mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang dirancng manusia ke dalam format yang dapat dijalankan komputer. Contoh: BASIC, COBOL, Pascal, C++
b. Sistem Operasi, merupakan perangkat lunak yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanajemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian melalui antarmuka yang disediakan. Contoh OS: DOS, UNIX, WINDOWS, MAC OS
c.  Utility,merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan komputer. Misalnya pemerikasaan perangkat keras (hardware troubleshooting), mengatur isi hardisk (pertition, defragmentation). Contoh utility adalah Norton Utility, TuneUp Utility.
2)      Perangkat Lunak Aplikasi
a.    Aplikasi Khusus, merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik.
b.      Aplikasi Paket, merupakan program yang dkembangkan untuk kebutuhan umum.

4.      Pengguna Komputer (Brainware)
Brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer. Terdapat berbagai peran yang dapat dilakukan manusia dalam bagian sistem komputer. Beberapa peran di antaranya adalah
1)      Perekayasa Komputer : Software Project Manager (SPM), Bussiness
Process Analyst (BPA), System Analyst (SA), System Designer (SD), Programmer, Software Quality Manager (SQM), Tester, Implementator.
2)   Analis Sistem, berperan melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi, serta merancang solusi pemecahannya dalam bentuk program komputer.  
3)   Programmer, berperan menerjemahkan rancangan yang dibuat analis  kedalam bahasa pemprograman sehingga solusi dapat dijalankan oleh komputer
4)      Operator, bertugas menjalankan komputer berdasarkan instruksi yang diberikan.
5)      Teknisi, bertugas merakit atau memelihara perangkat keras komputer.


TUGAS 1

Shortcut Key : Jalan Pintas saat memerintah / menjalankan program 
Berikut adalah contoh cara membuat shortcut key dengan menggunakan keyboard

1. Pilih shortcut yang akan di buat shortcut -> klik kanan properties














2. Kemudian masuk ke tab shortcut -> tekan tombol Ctrl kemudian tekan E



















3.Selesai , Selamat Mencoba

Adjust appearance and performance adalah Widget atau feature dalam sebuah Operating system,
Fungsi dari AP&P adalah untuk memaksimalkan kerja komputer dengan mengaktifkan atau menonaktifkan widget yang tidak perlu dalam OS kita.

Berikut adalah cara untuk setting AP&P :

1. Klik Start -> Control Panel




















2. Kemudian pilih System



















3. Setelah itu Advanced System Setting -> Advanced -> Setting















4. Hapus Centang pada konfigurasi sesuai kebutuhan



















5. Selesai , Selamat Mencoba 

Autoplay dan Auto Run adalah Feature Windows yang memunculkan mengggunakan pilihan media kepada pengguna atau User. Contoh : Saat kita memasukkan CD,VCD atau DVD kedalan cd room, mencolok flashdisk,atau media lainnya.

Berikut langkah-langkah cara mematikan atau menonaktifkan autorun dan autoplay untuk pencegahan masuknya virus dalam komputer anda:

1. Jalankan run dengan cara mengetikkan kata run pada kotak pencarian start menu atau menggunakan shortcut windows + R
























2. Selanjutnya ketikkan “gpedit.msc” maka akan terbuka jendela baru seperti berikut
















3. Local group policy editor -> Configuration
















4. Selanjutnya pilih sub menu Adiministrative Templates > windows components > autoplay policies seperti tampilan di bawah ini











5. Klik kanan pada Turn off Autoplay > Edit > kemudian centang Enable dan tekan tombol OK.













6. Selesai

Start Up adalah Feature yang menampilkan dan memberikan informasi terhadap Operating Sistem kemudian menjalankan secara otomatis saat Device atau komputer di nyalakan

Contoh : Saat kita mulai masuk menu awal dekstop saat pertama kali device di jalankan program / aplikasi manakah yang akan otomatis dijalankan.


Berikut langkah-langkah cara Setting Start up di komputer anda:

1. Jalankan run dengan cara mengetikkan kata run pada kotak pencarian start menu atau menggunakan shortcut windows + R
























2. Selanjutnya ketikkan “msconfig” maka akan terbuka jendela baru seperti berikut















3. Pilih Start Up di tab menu -> kemudian centang aplikasi dan driver yang tidak perlu di jalankan saat start up
















4. Setelah di hapus centang program yang tidak perlu dijalankan saat start up klik Aplly -> Ok













5. Selesai...................................................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar